Yusnani

Bertugas di TK/SD Swasta Qurrata A'yun Kota Tebing Tinggi Provinsi Sumatera Utara....

Selengkapnya
Navigasi Web
Manfaat Olahraga Pagi Sebelum Belajar (Tantangan Hari ke 8)

Manfaat Olahraga Pagi Sebelum Belajar (Tantangan Hari ke 8)

“Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih disukai oleh Allah SWT daripada mukmin lemah.

(HR Bukhari)

Pemenuhan kesehatan tidak hanya ditumpukan pada kesehatan rohani saja, tetapi juga jasmani. Manusia dituntut menjaga kesehatan fisik, serta menghindari berbagai perkara yang bisa membahayakan fisik. Tanpa adanya kondisi badan yang sehat , hampir dapat dipastikan apa yang menjadi cita-cita dalam kehidupan ini mustahil diperoleh. Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa kesehatan merupakan salah satu modal pokok dalam meraih cita-cita. Mengingat begitu besarnya peran kesehatan bagi kehidupan ini maka hal ini perlu untuk mendapatkan perhatian yang serius. Diantara cara menjaga kesehatan tubuh adalah dengan berolahraga. Olahraga merupakan kebutuhan jasmani yang sangat banyak manfaatnya untuk tubuh kita.

Kebiasaan berolahraga harus ditanamkan sejak dini, orang tua membiasakannya di rumah, guru membiasakan olahraga di sekolah. Ketika berada di sekolah setiap hari sebaiknya sebelum kegiatan belajar mengajar berlangsung perlu dilakukan olahraga pagi. Ada beberapa manfaat olahraga pagi dalam menunjang keberhasilan belajar murid-murid disekoah diantaranya adalah:

1. Olahraga dapat meningkatkan kinerja otak

Ketika berolahraga otot jantung kita mengalami kontraks yang sangat cepat dan terus menerus sehingga dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Saat darah dipompa, secara otomatis suplai O2 meningkat dan menjadikan tubuh kita lebih segar dan membuat otak kita berjalan secara maksimal. Keadaan seperti ini, merupakan kondisi yang pas untuk menerima pelajaran.

2. Olahraga dapat mengurangi stress

Kegiatan di sekolah dimulai dari pagi sampai tengah hari, diperlukan kondisi tubuh yang sehat dan suasana belajar yang menyenangkan bagi anak. Jika kondisi tersebut tidak terpenuhi dikhawatirkan akan menimbulkan stress pada anak. Olahraga dipagi hari salah satu kegiatan yang dapat dilakukan sehingga anak-anak terhindar dari stress. Jika kondisi perasaan tenang maka pelajaranpun akan mudah diterima.

3. Olahraga membuatmu lebih energik

Kebiasaan berolahraga secara teratur, akan membuat tubuh menjadi energik , sebab selama berolahraga, badan kita memproduksi hormon endorfin yang memiliki efek perasaan positif, hormon inilah yang akan membuat orang yang berolahraga energik sepanjang hari, sebagaimana disampaikan oleh Todd A. Astorino, assistant professor of kinesiology di California State University-San Marcos. Perasaan positif ini akan mendukung semangat belajar bagi murid-murid di sekolah, sehingga prestasinya akan meningkat.

4. Melatih kekuatan dan ketahanan tubuh .

Kontraksi yang terus menerus pada otot skelet saat berolahraga dapat melatih kekuatan dan ketahanan tubuh karena otot sudah biasa berkontraksi. Anak yang sejak dini sudah dilatih tubuhnya dengan berolahraga akan sangat berbeda ketahanan dan kekuatannya dengan anak yang tidak dibiasakan berolahraga sejak kecil. Tubuh yang kuat akan sangat memungkinkan anak-anak dapat menerima pelajaran, sebaliknya jika anak tidak memiliki tubuh yang kuat, atau dengan kata lain sering sakit maka akan menghambat anak untuk mengikuti pelajaran disekolah dengan baik.

5. Meningkatkan rasa percaya diri

Olahraga juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Saat melakukan olahraga kelompok, anak-anak dapat bersosialisasi dengan teman sebayanya yang dapat meningkatkan kepercayaan diri anak. Dengan bersosialisasi terus menerus, anak dapat lebih percaya diri. Rasa percaya diri ini juga sangat dibutuhkan agar anak dapat mengikuti proses belajar mengajar dengan baik. Biasanya anak yang percaya dirinya baik, maka akan mudah meraih prestasi yang gemilang.

Dengan mengetahui ke lima manfaat dari pentingnya olahraga pagi dilakukan oleh muri-murid di sekolah, tidak ada alasan bagi sekolah untuk tidak melakukan olahraga pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Sekurang-kurangnya olahraga pagi yang dapat dilakukan di sekolah adalah senam pagi. Semoga dengan dilakukan olahraga pagi di seluruh sekolah-sekolah di Indonesia akan meningkatkan prestasi seluruh anak Indonesia, yang pada gilirannya akan membuat Indonesia lebih baik lagi dimasa yang akan datang.

Tantangan gurusiana

Hari ke 8

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post